Subscribe:

Ads 468x60px

Tanjung Gelam Karimunjawa

Ujung Gelam Karimunjawa

Spot Wisata Tanjung Gelam (Ujung Gelam)
Salah satu spot yang pasti dikunjungi oleh wisatawan saat berada di Karimunjawa adalah Ujung Gelam. Pantai ini berada di Alang-alang, Karimunjawa. Disepanjang pantai ini hampir sama dengan pantai-pantai lainnya yang terhampar pasir putih dengan air yang jernih. Kita bisa menuju kepantai ini menggunakan kapal atau mengendarai kendaraan melalui jalan darat. Pantai Ujung Gelam ini memang sudah sangat dikenal oleh masyarakat setempat, jadi misalnya kalian sedang sendirian ataupun ingin blusukan mencari pantai ini, cukup gunakan GPS (Gunakan Penduduk Setempat) untuk bertanya. 

Dijamin, kalian tidak akan menemui kesulitan dan langsung bisa menuju ke spot yang terkenal ini. Kalau masih agak bingung, kalian cukup mengikuti jalanan menuju arah desa Kemujan, nanti sekitar 4 km ada dusun Alang-alang. Paling gampang adalah saat kalian nanti melewati jalanan yang turun agak curam dan samping kanannya adalah SD, maka kalian nanti langsung belok kiri menyusuri jalanan kecil (cukup satu mobil), nanti kalian pasti sampai dilokasinya.
Biasanya pantai ini akan ramai saat menjelang sore hari, karena disini adalah salah satu spot yang bagus untuk melihat terbenamnya matahari (sunset). Jadi persiapkanlah peralatan dokumentasi kalian saat berada disini dapat dipastikan kalian akan dapat menikmati senja seraya berburu sunset dipantai ini, biasanya disaat cuaca mendukung, sunset akan kelihatan begitu jelas tanpa ada sedikitpun awan yang mengganggu dan saat itulah kalian merasakan keindahan pantai ini.
Sunset Tanjung Gelam
Yang terpenting saat mengunjungi pantai manapun adalah kita harus bisa menjadi wisatawan yang bijak, dengan cara membuang sampah pada tempatnya. Kalaupun dilokasi tidak terlihat tempat sampah, maka sudah kewajiban kita untuk membawa kantong plastik dan membawanya pulang kembali. Keindahan pantai akan bertambah nilainya saat melihat disekitar kita tidak ada penjajah pemandangan buruk yaitu sampah.
Keindahan pantai ujung gelam ini tidak bisa terbantahkan. Walaupun Sudah berkali-kali berkunjung ke sana pantai ini benar-benar sepi sehingga berasa sangat /private/. Kunjungan pertama  ke pantai ini pas pagi hari dengan menggunakan perahu dari Wisma Apung. Kebetulan saya dan teman-teman menyewa satu perahu kayu untuk berkeliling pulau, dan salah satunya mampir di tanjung gelam ini. Keadaan pantai di pagi hari tentu sangat indah, langit biru, air bening, pasir putih, batu-batu indah, bahkan sepotong kayu lapuk pun terasa sangat artistik di sini. Berikut foto-foto Pantai Ujung Gelam di waktu pagi.
Namun ada satu keindahan lain yang tidak boleh dilewatkan di pantai ujung gelam ini, yaitu seperti yang sudah di sebut diatas Sunset Pantai ini memang salah satu lokasi terbaik untuk menikmati matahari terbenam di Karimun Jawa, karena keindahan panorama sunsetnya begitu terkenal sehingga Banyak paket tour Karimun menawarkan hunting sunsetdi Tanjung Gelam sebagai salah satu tujuan wajibnya.

Menyusuri jalan setapat, menyibak dedaunan pandan dan akhirnya bisa menginjakan kaki ke pasir putih yang lembut dan bertemu kembali dengan Pantai  Ujung Gelam di waktu senja, sungguh pengalaman yang sulit terlupakan, dengan cuaca langit cerah dan matahari masih cukup tinggi sehingga cukup waktu untuk menikmati sore lebih lama di sini.
Ketika beberapa menit berlalu dan matahari mulai turun ke batas cakrawala keindahan tersaji di depan mata. Indah sekaligus penuh kedamaian, dimana langit biru cerah yang bersanding dengan warna sinar matahari yang menyala.  Ditambah pula dengan gemericik ombak sekaligus desir angin yang membuat suasanan semakin syahdu. Mungkin jika saat itu saya lagi galau pasti bakal garuk-garuk pasir pantai untuk melampiaskan kegalauan hati.
Dan, kala sang surya tenggelam di Pantai Ujung Gelam ini memang nggak boleh dilewatkan ketika berkunjung di Karimun Jawa!